PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Monday, 22 Jul 2024

Cara Mengatasi Kasus Bullying di lingkungan Kampus Yang Paling Tepat

Galeri Konseling | 19 Januari 2023 00:00 wib Pembullyan yang sering kali terjadi di sekolah menjadi bahan pemberitaan baik di media sosial atau juga media-media lainnya. Banyaknya kasus bullying ini terjadi lantaran kurangnya pengetahuan dan juga pemahaman tentang bullying. Hal penting yang harus di lakukan oleh para pihak Kampus yaitu dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah seperti dosen, mahasiswa, pegawai, satpam, bahkan tenaga kebersihan juga perlu di edukasi tentang hal tersebut.

Bila semua orang sudah memahami bentuk-bentuk perundungan, dampak yang di timbulkan bagi korban bullying, dan juga bagaimana menghindari bullying. Maka tentu saja akan lebih mudah untuk meminimalisir potensi bullying di Universitas. Bentuk-bentuk sosialisasi juga bisa di lakukan dengan cara menempelkan poster-poster anti bullying, menyelipkan pesan anti bullying dalam pembelajaran.

Solusi bullying yang harus di lakukan yaitu dengan memberikan dukungan kepada korban bullying. Korban bullying pada umumnya akan merasakan ketakutan dan kecemasan berada di lingkungan di mana ia mengalami bullying. Maka dari itu tunjukkan jika dosen dan teman-temannya peduli akan dapat membantu korban bullying merasa aman kembali. Jangan lupa untuk anda harus bekerjasama dengan orang tua siswa hingga korban bullying dapat hidup normal kembali.

Bullying pada anak seringkali terjadi lantaran mencontoh orang-orang di sekitarnya. Sebagai seorang pendidik, maka Pendidik harus sangat berhati-hati dalam bertindak maupun bertutur kata. Jangan sampai suka memberikan hukuman verbal yang mana tidak di sadari sudah masuk dalam kategori pembullyan.




Dilihat 350 kali
Link