PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Monday, 22 Jul 2024

Simak! Ini Tips buat Fresh Graduate Cari Kerja biar Gajinya Sesuai Harapan

Tips Karir dan Tutorial | 02 Februari 2023 00:00 wib Mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar menjadi impian fresh graduate. Namun, tidak semua pekerjaan menawarkan gaji fantastis karena disesuaikan oleh beban kerja dan kemampuan seseorang. Agar tidak salah dalam mengambil pekerjaan, penting untuk membuat perencanaan karier sebelumnya. Dengan melakukan perencanaan karier tentunya dapat meminimalisir terjadinya misinformasi terkait pekerjaan yang ingin kita dapatkan.



Sebelum melamar berbagai pekerjaan ada baiknya bertanya kepada diri sendiri apa yang sebenarnya ingin dicapai dalam hidup. Sebuah posisi itu merupakan wujud dari hal yang kita sukai dalam bekerja. Sebagai contoh, jika Anda suka menulis, Anda bisa menjadi penulis atau jurnalis.


Tips Perencanaan Karier Fresh Graduate:

1. Melihat Lowongan Kerja
    Para lulusan baru bisa mulai melihat-lihat lowongan pekerjaan yang ada di website, contohnya seperti JobStreet atau LinkedIn.

2. Menghubungi Alumni
    Para lulusan baru bisa menanyakan alumni di universitas atau sekolah masing-masing apakah ada lowongan kerja baru di tempat kerja para alumni.

3. Magang
    Menawarkan diri untuk melakukan magang atau mengajukan diri untuk membantu pekerjaan-pekerjaan. Sebagai catatan, tidak semua perusahaan secara terang-terangan memberikan informasi bahwa perusahaannya perlu anak magang. Oleh karena itu, kalian juga harus aktif dalam mencari kesempatan untuk magang.

    Dengan mengikuti magang itu membuka kesempatan untuk memahami dunia kerja. Dunia pendidikan itu di kampus tidak mengajarkan soal bagaimana cara kita negosiasi untuk memenangkan suatu proyek. Itu semua di lapangan. Itu semua dalam kondisi kantor, kerjaan.

Itu yang harusnya diperbanyak. Jadi bukan hanya ilmu pengetahuan, tapi kompetensi, tapi ujungnya kemahiran sehingga membentuk jam terbang.


4. Ikut CDC
    Apabila masih sulit untuk mendapatkan magang, kita juga mengusulkan proyek atau melakukan tugas melalui Career Development Center (CDC) yang ada di kampus ke perusahaan tujuan. CDC ini punya peran membantu para mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan. Yuk kalian juga bisa loh kunsultasi di PPKLKM untuk jenjang karir kalian yang lebih cerah.


    Akan lebih baik jika proyek yang dilakukan dapat dipresentasikan di depan manajemen maupun pihak perusahaan supaya perusahaan juga tahu hasil dari proyek yang dilakukan. Namun demikian, Audi mengingatkan untuk mencari judul atau topik yang menarik untuk proyek yang dijalankan.


    Semua tips yang diberikan itu fokusnya untuk membuka peluang atau kesempatan kerja dengan hasil yang lebih nyata. Artinya, kelihatan hasilnya, kelihatan bentuknya, dan rekomendasinya lebih cepat.


    Selain untuk lulusan baru, tips bagi mahasiswa yang belum lulus dalam merencanakan karir masa depannya. Salah satunya yaitu memanfaatkan tugas akhir. Para mahasiswa mahasiswi ini perlu membuka mata dan telinga pada perusahaan atau organisasi apapun yang dijadikan objek, apakah saat mereka lulus nanti ada kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan atau organisasi tersebut.


    Namun, apabila tidak ada kesempatan, para mahasiswa bisa mencari tahu lowongan kerja dari perusahaan kompetitornya. Hal itu bisa menjadi pertimbangan karena dari industri yang sama.


Dilihat 146 kali
Link