PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Monday, 22 Jul 2024

Cash Flow Berantakan Bikin Bisnis Mandek? Atasi dengan Cara Ini

Artikel Kewirausahaan | 24 Juli 2023 00:00 wib Mengatur arus kas atau cash flow merupakan unsur penting dalam pengelolaan bisnis. Pasalnya, cash flow yang terorganisir dengan baik akan memudahkan pengusaha mengembangkan bisnis berbekal keuangan yang sehat.
Sebaliknya, jika cash flow tak diatur dengan baik maka pengusaha bakal sulit untuk memantau dan mengelola keuangan bisnisnya. Hal ini bisa berakibat buruk, seperti keuntungan menjadi tak optimal hingga modal yang terkuras habis akibat digunakan untuk pos yang tidak semestinya.

Jika kamu sedang bingung mengelola cash flow usaha, coba terapkan langkah-langkah berikut yang dilansir dari experian agar keuangan menjadi lebih efisien.

Tetapkan Pos-pos Keuangan
Salah satu hal yang sering kali merusak cash flow adalah mencampurkan dana pribadi dengan keperluan bisnis. Oleh sebab itu, pastikan untuk memisahkan dana pribadi kamu dengan dana bisnis dengan membuat pos-pos keuangan. Setelah mendapat penghasilan, kamu bisa membagi uang yang kamu peroleh ke dalam pos-pos keuangan tersebut. Hal ini akan membuat cash flow tidak berantakan atau tercampur.

Buat Catatan Semua Aliran Dana
Membuat catatan aliran dana menjadi hal penting dalam mengatur bisnis. Dalam berbisnis, ada beberapa hal yang perlu kamu catat dan tinjau. Beberapa di antaranya, penghasilan atau pendapatan bisnis, pengeluaran rutin, utang, laba kotor hingga laba bersih. Dengan mencatat aliran dana secara rutin, kamu tentunya akan lebih mudah mengecek arus keuangan bisnis.

Evaluasi Catatan Keuangan Secara Berkala
Usai mencatat aliran dana, pastikan untuk rutin melakukan audit atau evaluasi keuangan bisnis setiap minggu atau bulan. Dengan mengaudit keuangan secara rutin, kamu akan mengetahui dengan tepat berapa banyak dana yang dibelanjakan dan berapa banyak pendapatan yang dibutuhkan untuk menutupi biaya.
Beberapa pengeluaran yang perlu kamu evaluasi dalam menjalani bisnis antara lain, tagihan listrik, inventaris, dan lainnya. Dengan melakukan evaluasi rutin, kamu akan bisa mendeteksi permasalahan yang terjadi pada cash flow bisnis.

Gunakan Teknologi Digital
Seiring berkembangnya zaman, penggunaan teknologi digital semakin diperlukan dalam menjalani bisnis. Saat ini, tersedia berbagai platform yang dapat digunakan untuk membantu dalam transaksi bisnis dengan catatan cashflow yang rapih,

Dilihat 190 kali
Link