PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Thursday, 18 Jul 2024

Bulan Puasa Males Ngapa-Ngapain? Yuk, Lakukan Kegiatan Ini Biar Tetap Produktif

Tips Karir dan Tutorial | 24 Maret 2024 00:00 wib Menahan lapar dan haus saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tidak jarang membuat kita malas untuk melakukan banyak aktivitas. Rasanya ingin bersantai atau bahkan tidur seharian. Namun, hal tersebut tidak disarankan, karena puasa sendiri mendapatkan kedudukan tinggi dalam syariat Islam.

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan agar tetap produktif? Berbicara mengenai produktif, semua itu tidak berbicara hanya tentang bekerja selama berjam-jam. Namun, produktif sendiri segala aktivitas yang dapat diselesaikan secara efisien dan memiliki nilai manfaat untuk seseorang. Perubahan pola aktivitas yang dilakukan sehari-hari selama Ramadan, setidaknya akan mengubah kegiatan harian dan membutuhkan penyesuaian. Yuk, intip kegiatan apa saja yang bisa dilakukan saat bulan Ramadan!

  1. Menyusun kegiatan yang akan dilakukanTips pertama untuk memulai kegiatan kita semakin produktif di bulan Ramadan yaitu dengan menyusun kegiatan apa saja yang akan dilakukan setiap harinya. Catatan kecil ini bisa membantu untuk menciptakan kegiatan yang efisien. Kamu dapat menulis berbagai kegiatan yang akan dikerjakan secara rapi dan jangan lupa untuk mencantumkan estimasi waktu pengerjaannya juga, ya!
  2. Melakukan sahur dan berbuka dengan teratur: Hal yang tidak kalah penting untuk menciptakan kegiatan kita berjalan lancar yaitu pada pola sahur dan berbuka yang baik dan tepat waktu. Apalagi bagi kamu yang memiliki rutinitas yang begitu padat. Hal ini menjadi sangat penting, jangan sampai melewatkan waktu sahur, karena dikhawatirkan akan menghambat kegiatan saat siang harinya.  Menurut anjuran Nabi Muhammad SAW, waktu sahur terbaik adalah pada saat menjelang fajar terbit atau sebelum adzan subuh.
  3. Kurangi kegiatan yang tidak penting: Fokuslah untuk menyelesaikan prioritas utamamu selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Jika tidak mendesak, sebaiknya tidak perlu dilakukan. Kamu juga berhak menolak ajakan buka bersama, jika itu bisa mengganggu jadwal ibadah dan kerjaanmu. Meskipun mengurangi kegiatan yang tidak perlu, bukan berarti jadi bermalas-malasan, ya!
  4. Ikut kegiatan yang diadakan oleh PPKLKMKegiatan PPKLKM berguna untuk menambah softskill kalian guys, ada Kelas menambah Softskill sesuai dengan kemampuan yang kamu inginkan dari Karirlab, ada LAB Video pelatihan dari Karirmu, bahkan sampai mencari tempat magang dan lowongan pekerjaan dari SeeMeCv dan Prosple. Semua bisa bermanfaat dan menambah produktifitasmu di bulan Ramadhan ini.

Dalam bulan Ramadan, menjaga produktivitas menjadi tantangan tersendiri mengingat keterbatasan energi yang dialami akibat menahan lapar dan haus. Namun, dengan menyusun jadwal kegiatan, menjaga pola sahur dan berbuka yang teratur, serta mengurangi kegiatan yang tidak penting, kita dapat tetap menjalani bulan Ramadan dengan produktif. Terlebih lagi, mengikuti kegiatan yang diadakan oleh PPKLKM dapat memberikan tambahan softskill dan manfaat lainnya bagi kita. Mari jadikan bulan Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita secara holistik.

Dilihat 107 kali
Link