PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Friday, 20 Sep 2024

Kemendikbud Dorong Pengembangan Program D3 Menjadi Sarjana Terapan

Berita Umum | 04 Agustus 2021 00:00 wib KEMENDIKBUD DORONG PENGEMBANGAN PROGRAM D3 MENJADI SARJANA TERAPAN

Jakarta, (Itjen Kemendikbud) - Upaya peningkatan program Diploma tiga (D3) menjadi Diploma empat (D4) akan dilakukan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Langkah ini dilakukan guna mendapatkan manfaat yang baik bagi pendidikan vokasi. "Selama ini program diploma hanya menjad pilihan terakhir bagi calon mahasiswa yang gagal lolos program sarjana," ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto.

Meski demikian, Wikan menyatakan pengembangan program diploma tiga (D3) tersebut tidak lagi mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. “Mulai tahun 2020 sampai empat tahun ke depan, kebijakan dukungan pendidikan vokasi tidak diarahkan untuk D3. Oleh sebab itu saya memohon maaf, kebijakan ini tidak mendukung program D3 secara pendanaan,” tambah dia dalam Webinar, pada Selasa (16/2/2021) pagi.

Di samping itu, Kata Wikan, Kemendikbud juga akan bersurat pada industri untuk mengenal program D4 atau sarjana terapan tersebut. Sebab dirinya mengakui jika masih ada pihak industri yang belum mengenal program sarjana terapan karena merupakan program baru

"Sehingga harapannya melalui program pengembangan ini dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini," Harap Wikan.

Sumber : kemendikbudristek(itjen.kemdikbud.go.id)

Dilihat 177 kali
Link