PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Friday, 20 Sep 2024

Contoh CV untuk Business Development + Cara Membuatnya

Lowongan | 20 Februari 2023 00:00 wib Business development merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati saat ini. Bahkan tidak hanya dari sisi pelamar, tetapi juga perusahaan. Mereka membutuhkan BD bisnisnya selalu berkembang dan untung. Bidang ini memiliki banyak yang artinya persaingannya juga semakin ketat. Kamu perlu mempersiapkan segalanya dengan matang, terutama CV. Karena itulah berkas paling awal yang dilihat oleh rekruter.


Contoh CV untuk Business Development

Berikut ini ada contoh CV untuk kamu yang di tahap awal bidang business development.

http://univpancasila.app.kinobi.asia


Contoh CV BD tersebut dapat kamu gunakan karena memiliki poin-poin yang kuat. Walaupun memang masih kurang dalam pengalaman. Tetapi terbantu dengan internship dan project yang masih berhubungan dengan bidang yang dilamar. Keduanya menjadi pendukung yang kuat karena memperlihatkan kamu memiliki skill.

Kemudian, terlihat dari bentuk CV yang sudah profesional. Setiap pengalaman kerja dan project diisi dengan bullet points. Hal ini penting dicantumkan karena memuat job desc yang telah kamu kerjakan selama ini.

Selain itu, adanya sertifikasi yang juga membantu meningkatkan nilai dirimu. Terlebih lagi serfikasi seperti Certified Sales Professional (CSP), Certified Marketing Professional (CMP), dan Certified Blockchain and Digital Marketing Professional (CBDMP) yang dapat memberitahu rekruter bahwa kamu memiliki pengetahuan sebagai pendukung pekerjaan tersebut.

Setelah mengetahui contoh CV yang baik untuk business development, kamu dapat mempelajari tips dalam membuat CV.

Tips Membuat CV untuk Business Development

Seringkali pelamar kerja merasa kesulitan dalam membuat CV. Kamu mungkin bingung untuk mencantumkan apa saja di dalamnya. Belum lagi, memikirkan pengalaman, project, atau skill yang dituliskan relevan atau tidak. Berikut ini ada tips membuat CV untuk business development.

1. Gunakan rangkuman CV yang menarik

Hal yang pertama kali dilihat oleh rekruter adalah rangkuman CV atau summary. Rangkuman ini berfungsi merangkum keseluruhan isi CVmu dalam beberapa kalimat saja, biasanya 3-5 kalimat.

Tulislah hal yang penting dan relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Kamu bisa tuliskan deskripsi diri secara singkat, seperti lulusan, pengalaman kerja, dan goal-mu.

Berikut ini contoh menulis rangkuman CV untuk business development:

"Saya adalah seseorang yang sangat menyukai menjalin hubungan dengan orang-orang dan termotivasi untuk bekerja di bidang business development. Selama 6 bulan berpengalaman sebagai magang business development. Mampu menjalankan ROI, melakukan riset untuk produk baru yang bersangkutan dengan pelanggan, dan membuat campaign. Saya sedang mencari peluang untuk bekerja di bidang yang sama".

2. Cantumkan keterampilan yang relevan

Kamu yang ingin bekerja di bidang business development harus mempunyai beberapa keterampilan khusus. Supaya dapat membantumu mengembangkan bisnis dan tidak perlu banyak dituntun. Berikut ini ada beberapa skill yang relevan.

  • Kemampuan komunikasi dan membangun relasi.

Kamu akan banyak berhubungan dengan orang-orang seperti pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Karena itu, perlunya kemampuan komunikasi yang baik sehingga dapat memperluas koneksi dan membangun relasi dengan mereka.

  • Analisis data dan pola bisnis

Keterampilan satu ini dibutuhkan untuk memahami pola pasar dan menyusun strategi. Analisis yang dilakukan seperti pertumbuhan penjualan, data investor, dan data kompetitor. Hal ini akan membantu perusahaan agar tetap unggul.

  • Negosiasi

Skill yang paling dibutuhkan oleh business development karena membantu mencapai kesepakatan dengan klien. Negosiasi ini pun harus dilakukan dengan baik, jangan sampai kehilangan klien karena merasa dirugikan.

  • Kemampuan Project Management

Seorang yang bekerja di bagian business development memiliki tanggung jawab yang besar dan harus siap berhadapan dengan kemungkinan terbaik hingga terburuk. Project management yang harus dikuasai ini nanti akan digunakan untuk riset, merancang, dan mengevakuasi rencana pengembangan bisnis.

3. Sebutkan tujuan karier kamu

Pentingnya menulis tujuan karier dalam CV agar rekturer mengetahui perencaan matangmu ke depannya. Selain itu, kamu juga dapat mendorong diri untuk mencapai hasil akhir dan menggali potensi dalam dirimu. Tuliskan tujuan kariermu di business development, seperti menjadi senior atau bahkan manager di bidang tersebut.

4. Jelaskan job desk secara rinci

Jika kamu memiliki pengalaman dalam bekerja sebagai business development, jelaskan secara rinci apa saja yang telah kamu lakukan. Akan lebih baik dituliskan juga angka statistik yang diraih selama bekerja untuk satu perusahaan.

Job desk berguna memberikan gambaran kepada rekturer posisi yang dilamar sesuai dengan kriteria. Selain itu, mereka juga dapat melihat bahwa kamu memahami tanggung jawab posisi yang dilamar dengan jelas.

Jika kamu merupakan fresh graduate dengan minim pengalaman, bisa coba untuk membaca artikel mengenai tips menulis job desk tanpa pengalaman. Kamu akan mendapatkan beberapa insight agar CV yang dibuat tetap terlihat menarik.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu pahami agar membuat CV untuk business development lebih lancar dan baik.

Cara Membuat CV untuk Business Development di Kinobi

Saatnya kamu mempelajari cara membuat CV business development dengan format ATS friendly. Format ATS akan mempermudah rekturer dalam menyeleksi kandidat karena sistem akan membaca keyword yang sesuai dengan yang diminta.

Jika kamu belum punya CV ATS friendly, Kinobi dapat membantumu. Ikuti tahap-tahap di bawah ini untuk dapat membuatnya:

  1. Daftar atau login ke akun Kinobi, lalu buka CV builder gratis.
  2. Pilih fitur template CV.



  • Cari template untuk Business Development dengan tekan CTRL + F. Lalu, beri nama CV sesuai dengan keinginan.


  • Sesuaikan isi CV dengan informasi pribadi kamu. Template ini telah berisi berbagai deskripsi yang umumnya ada di CV seorang Business Development.


  1. Lanjutkan ke bagian pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan referensi lainnya.
  2. Lanjutkan proses pengisian dan klik Simpan dan Download.



Bagian atas dapat digunakan untuk mengatur jenis dan ukuran tulisan, paragraf, dan warna tulisan untuk tiap header. Walaupun kinobi hanya menyediakan dua, tetapi ada beberapa jenis font yang bisa kamu gunakan untuk menulis CV loh!

Mari Buat CV untuk Business Development

CV untuk business development tidaklah sulit untuk dibuat bukan? Selama kamu memiliki pengalaman, project, dan skill tidak perlu ragu. Gunakan tips yang telah diberikan agar lebih menarik dan menonjolkan hal yang bersangkutan.

Kamu juga telah mempelajari CV ATS friendly. Sekarang saatnya kamu membuat sendiri CV business development milikmu sendiri. Bisa juga menggunakan CV builder yang telah disediakan PPKLKM dan Kinobi!



Dilihat 187 kali
Link