PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Friday, 20 Sep 2024

CV ATS Friendly vs CV Kreatif, Mana yang Harus Dipilih?

Lowongan | 21 Februari 2023 00:00 wib Banyak pencari kerja ataupun magang yang merasa kebingungan dalam memilih CV ATS Friendly atau CV kreatif. Ada yang mengatakan CV ATS Friendly jauh lebih efektif untuk bisa diterima bekerja, ada juga yang mengatakan bahwa CV kreatif lebih menarik untuk dilihat sehingga peluang diterimanya juga semakin besar.

CV ATS Friendly

Sebelum memulai pembahasan dalam memilih CV ATS Friendly atau CV kreatif, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan kedua format CV itu terlebih dahulu. Format CV yang akan diperkenalkan terlebih dahulu adalah CV ATS Friendly.

http://univpancasila.app.kinobi.asia

CV ATS Friendly merupakan salah satu format CV yang dibuat supaya berbagai tulisan ataupun informasi bisa terbaca oleh teknologi yang dinamakan dengan Applicant Tracking System (ATS). Applicant Tracking System merupakan teknologi yang membantu para recruiter dalam melakukan screening CV, karena teknologi ini bisa melakukan identifikasi dengan cepat terhadap berbagai kebutuhan yang diinginkan perusahaan, seperti misalnya berapa tahun pengalaman kerja yang dimiliki oleh kandidat, kemampuan kandidat, hingga berbagai informasi lainnya yang ada di CV. Teknologi ini biasanya memberikan peringkat terhadap semua CV yang masuk sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh perusahaan. Seperti misalnya, perusahaan ingin mencari desain grafis yang memiliki keahlian dalam melakukan editing di software Adobe Photoshop atau Adobe Illustator serta memiliki pengalaman bekerja di bidang tersebut selama kurang lebih 3 tahun. Maka, perusahaan bisa memasukkan kata kunci sesuai kebutuhan tersebut di ATS, yang kemudian nantinya ATS akan mengidentifikasi setiap CV yang masuk dan akan mengurutkan CV yang paling mendekati kata kunci yang diinginkan oleh perusahaan.

Biasanya, teknologi ATS ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan perekrutan secara besar-besaran untuk mempermudah mereka dalam melakukan proses screening dalam jumlah yang banyak tersebut.  Selain mempermudah para rekruter, teknologi ini juga dapat menghemat waktu para rekruter dalam melakukan proses screening CV, sehingga proses rerutment bisa berjalan efektif dan juga cepat.

Kamu dapat membuat CV ATS Friendly secara mudah dan cepat di Kinobi. Kamu dapat langsung klik link ini, untuk membuat CV  ATS Friendly yang profesional, elegan, dan tentu saja dapat terbaca oleh system ATS.

Sedangkan bagi kandidat, penggunaan CV ATS Friendly juga dapat membuat mereka terlihat profesional dan elegan. Hal ini dikarenakan bentuk dari CV ATS Friendly yang terkesan sederhana namun bisa langsung ke intinya, tanpa harus diberi warna ataupun bentuk yang berlebihan seperti yang ada di CV kreatif.  CV ATS Friendly juga terlihat memiliki struktur yang jelas, sehingga terlihat rapi dan enak untuk dibaca.


CV Kreatif

Sekarang Kinobi akan membahas CV kreatif. CV kreatif bertujuan untuk bisa menarik perhatian dari recruiter melalui format CV yang out of the box dan jarang ditemukan. Sesuai dengan namanya, CV kreatif biasanya digunakan oleh para kandidat yang ingin melamar di divisi kreatif, seperti misalnya desain grafis, cpntent writer, illustrator, animator, social media, copywriter, dan bidang lainnya yang biasanya berada di bawah naungan divisi kreatif. Hal ini dikarenakan, biasanya para recruiter akan melihat seberapa besar kreativitas para kandidat yang melamar di perusahaan tersebut. Semakin kreatif dan semakin out of the box, maka peluang untuk melaju ke babak selanjutnya juga akan semakin besar.

http://univpancasila.app.kinobi.asia

Perbedaan CV ATS Friendly dan CV Kreatif

Setelah kita memahami apa itu CV ATS Friendly dan CV Kreatif, maka sekarang Kinobi akan mengajak kalian mengenali perbedaan antara CV ATS Friendly dan juga CV kreatif.

Perbedaan mendasar dari kedua format CV ini terletak pada tujuannya. Format CV ATS Friendly dibuat dengan tujuan supaya CV tersebut bisa terbaca dengan mudah oleh teknologi ATS. Sementara itu, CV kreatif dibuat dengan tujuan untuk terlihat menarik, berbeda, serta tentu saja kreatif dibandingkan dengan pelamar lainnya.

http://univpancasila.app.kinobi.asia

Kapan harus digunakan?

Kapan kedua format tersebut harus digunakan? Sederhananya, CV ATS Friendly dapat digunakan saat melamar di perusahaan-perusahaan besar dan juga perusahaan yang menggunakan website karir dari perusahaan itu sendiri dalam melakukan proses perekrutan. Biasanya, proses perekrutan di perusahaan besar dan juga perusahaan yang menggunakan website karir mereka sendiri menggunakan teknologi ATS. Sehingga akan lebih mudah terbaca jika menggunakan CV ATS Friendly.

Sedangkan, CV Kreatif bisa digunakan saat perusahaan meminta CV kandidat dikirimkan melalui email, karena jika melalui email, biasanya perusahaan akan melihat secara manual isi dari CV kandidat. CV Kreatif biasanya juga bisa digunakan saat melamar di posisi kreatif, seperti animator, desain grafis, dsb.

http://univpancasila.app.kinobi.asia

Kesimpulan

Kesimpulan dari kedua format CV ini, bahwa kedua format CV ini akan efektif digunakan ketika kita mengetahui sistem perekrutan yang digunakan oleh perusahaan. Namun, apapun itu, jika pengalalaman serta prestasi kita dianggap kurang oleh perusahaan, maka apapun format CV yang digunakan tidak akan berpengaruh.

Untuk kamu yang ingin membuat CV ATS Friendly, yang tentu saja akan memperbesar peluang kamu diterima di perusahaan besar, bisa langsung klik link ini. Kamu juga dapat melihat template CV sesuai dengan yang kamu inginkan di sini. Semua informasi tentang pekerjaan dapat kamu lihat di http://univpancasila.app.kinobi.asia ya!


Dilihat 269 kali
Link