PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Thursday, 19 Sep 2024

Kenapa Sih Mahasiswa Harus Berwirausaha?

Artikel Kewirausahaan | 03 Maret 2023 00:00 wib Yuk Kita Simak!!

Banyak diantara para mahasiswa masih berfikir seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya, setelah lulus kemudian mencari kerja, pikiran semacam ini sudah umum bahkan kebanyakan memang berfikir instan demikian, tak ada yang salah dengan berfikiran semacam itu, toh itu memang baik, menyalurkan ketrampilan yang dimemiliki untuk mengabdi memajukan pada perusahaan maupun instansti tertentu, ya gak ?

Tapi akan menjadi masalah, jika semua masyarakat di indonesia khususnya anak muda, pelajar dan mahasiswa jika dijadikan tujuan utama setelah kelulusannya.

Kreativitas tinggi harus dimiliki mahasiswa dalam bidang yang digeluti tak terkecuali dalam dunia wirausaha. Kewirausahaan merupakan gabungan kreativitas, inovasi,dan keberanian hadapi resiko dengan bekerja keras membentuk dan memelihara usaha. Keberhasilan wirausaha akan tercapai apabila didukung dengan beragam faktor termasuk kreativitas.

Kenapa Mahasiswa harus berwirausaha ?

Di era abad 21 ini, perkembangan jumlah populasi manusia di dunia semakin meningkat. termasuk juga di indonesia, jumlah manusia di indonesia pada sensus penduduk 2010, mencapai lebih dari 400 juta jiwa. Seiring dengan perkembangan populasi yang semakin tumbuh dengan pesatnya, semakin tinggi pula tingkat pengangguran manusia pada usia produktif karena kesulitan mencari lapangan pekerjaan.

Sebagai masyarakat yang modern, apalagi seorang yang berpendidikan kita seharusnya  jangan hanya mencari pekerjaan, tetapi kita juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Kita sudah sering mendengar kalimat â€œsebuah bangsa bisa maju,jika wirausahanya maju”. Kalimat tersebut bukan hanya omong kosong belaka, dapat di buktikan dengan negara-negara maju di dunia, diantaranya Amerika, Singapura dan beberapa negara-negara maju lainnya. mereka bisa maju karena masyarakat negara tersebut banyak yang berwirausaha.

Dilihat 495 kali
Link