PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Thursday, 18 Jul 2024

Tips WAR Takjil yang Hemat di Kantong Pekerja

Tips Karir dan Tutorial | 24 Maret 2024 00:00 wib Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat. Beragam aktivitas identik dengan bulan Ramadan. Salah satunya adalah berburu takjil menjelang buka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, setiap akan berbuka puasa, kita akan mencari takjil untuk menu buka puasa. Berbagai macam takjil makanan hingga minuman dijual di pinggir jalan menjelang buka puasa.

Lagi ramai di media sosial war takjil atau situasi dimana terjadi perburuan takjil tak hanya sesama warga muslim tetapi juga non-muslim yang turut serta menyemarakan bulan Ramadan dengan berburu takjil. Kalau situasinya sudah seperti ini, ungkapan yang pas untuk menggambarkan adalah siapa cepat dia dapat. Namun, perlu diingat juga bahwa bagi sebagian orang mungkin kalap melihat aneka takjil sehingga tergoda untuk membeli dengan cepat dan secara berlebihan.

Bagi karyawan yang mempunyai gaji tinggi sudah tentu membeli takjil sangat mudah dan efisien. Mereka akan bisa menghemat waktu karena tidak bisa mengolah makanan yang mereka inginkan dirumah, akan tetapi bagi pekerja yang gajinya UMR membeli takjil setiap hari bisa menjadi beban finansial yang cukup besar. Oleh karena itu, kami telah merangkum tips hemat membeli takjil bagi pekerja.


  1. Buatlah daftar takjil yang ingin Anda beli sebelum pergi ke pasar atau toko. Dengan membuat daftar, Anda dapat menghindari pembelian impulsif yang tidak perlu dan tetap fokus pada takjil yang benar-benar Anda inginkan.
  2. Carilah toko atau pasar yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Bandingkan harga takjil di beberapa tempat sebelum memutuskan di mana Anda akan membelinya. Jangan ragu untuk menawar harga jika memungkinkan.
  3. Manfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan oleh toko atau pasar. Banyak tempat biasanya memberikan diskon khusus selama bulan Ramadan. Jadi, pastikan Anda mencari tahu promo-promo tersebut sebelum membeli takjil. 
  4. Belilah takjil dalam jumlah besar. Jika Anda memiliki rekan kerja yang juga ingin membeli takjil, Anda bisa berbagi biaya dengan mereka dan membeli dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini dapat mengurangi biaya per takjil. 
  5. Jangan ragu untuk mencoba takjil dari pedagang kecil di sekitar tempat kerja Anda. Takjil dari pedagang kecil seringkali memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan takjil dari tempat yang lebih besar. 
  6. Terakhir, tetapkan anggaran untuk membeli takjil. Dengan menetapkan anggaran, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan menghindari pembelian takjil yang berlebihan.


Dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh berkah, berburu takjil telah menjadi tradisi yang menyemarakkan suasana berpuasa. Namun, penting bagi kita untuk tetap bijak dalam mengelola keuangan, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial. Dengan menerapkan tips hemat saat membeli takjil, kita dapat menikmati sajian takjil dengan lebih bijak dan mengurangi beban finansial yang tidak perlu. Mari kita menjalani bulan Ramadan dengan penuh kesadaran, kebijaksanaan, dan keberkahan. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kita semua.

Dilihat 213 kali
Link