PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Monday, 22 Jul 2024

7 Cara Memilih Karier Yang Tepat

Tips Karir dan Tutorial | 25 Januari 2023 00:00 wib Zaman sekarang ada banyak jenis pekerjaan, yang dulunya tidak ada sekarang menjadi yang paling dicari. Tentunya, sebagai job seeker atau fresh graduate harus memilih profesi yang tepat. Namun, memilih karier yang sesuai bukanlah hal yang mudah. Jurusan kuliah yang kamu ambil mungkin saja tidak sesuai dengan passion-mu. Tenang saja, itu hal yang wajar. Persoalannya sekarang adalah bagaimana kamu memilih profesi yang sesuai agar tidak terlalu stress saat sudah bekerja dan dapat menopang kehidupan masa depan.


7 Cara Memilih Karier Yang Tepat Untukmu :

1. Mulai Dari Mengenali Diri Sendiri

Kenali dirimu sendiri terlebih dahulu, seperti apa yang kamu sukai, nikmati, dan memotivasi. Temukan minat, bakat, dan keterampilan dalam diri sendiri.

Jika kebingungan, lihat segala organisasi, kerja part-time, atau project kuliahmu yang paling kamu senangi dan banyak diambil. Misalnya, kamu selama berorganisasi di kuliah banyak mengambil peran di desain.

2. Buatlah Daftar Pekerjaan Yang Menarik Untukmu

Setelah menemukan apa yang kamu inginkan dan dinikmati, buatlah daftar jenis pekerjaan yang sesuai. Jangan lupakan minat, bakat, dan keterampilanmu juga ya!

Daftar ini juga dapat kamu berikan peringkat. Tulislah jenis profesi yang top tier untuk memudahkanmu mencari informasi.

Jika kebingungan, lakukan riset tentang suatu pekerjaan di internet. Contohnya, bakat dan ketertarikanmu di bidang menulis. Nah, carilah pekerjaan apa saja yang membutuhkan skill tersebut.

3. Explore Lowongan Pekerjaan di Job Portal

Sekarang saatnya membuka job portal untuk mencari pekerjaan. Kamu bisa gunakan Pancasila Career Portal http://univpancasila.app.kinobi.asia/univpancasila loh! Siapkan daftar pekerjaan yang sudah kamu riset sebelumnya.

Lowongan pekerjaan yang ada di Pancasila Career Portal  https://univpancasila.app.kinobi.asia/univpancasila tersebut akan ada begitu banyak. Kamu bisa gunakan filter untuk mencari jenis pekerjaan yang telah kamu buat daftarnya.

Untuk lebih spesifik, tambahkan filter pekerjaan di sekitar lokasi dan perusahaan yang diinginkan. Siapa tahu kamu menemukan yang cocok.

Jangan lupa untuk membaca jobdesk atau tanggung jawab yang harus kamu ambil, perkiraan gaji, dan lulusan jurusan yang dibutuhkan di lowongan tersebut.

4. Identifikasi Tujuan Yang Ingin Diraih

Kamu sudah memperkirakan pekerjaan yang ingin diambil? Good job! Tapi, kamu masih harus mengidentifikasi jangka pendek dan panjangnya.

Tujuan jangka panjang biasanya untuk 3 hingga 5 tahun kedepan, sedangkan jangka pendek untuk 6 bulan hingga 3 tahun untuk kedepannya.

Dalam beberapa tahun apa saja yang ingin kamu capai? Misalnya, menjadi manager di bidang pekerjaan tersebut atau memiliki profesi dengan penghasilan yang besar.

Tujuan yang telah kamu buat dapat membantumu meraih kesuksesan karier yang diinginkan.

5. Tulislah Rencana dan Potensi Karier Kedepannya

Tahap satu ini mungkin agak sulit, apalagi untuk yang belum pernah bekerja dan belum turun langsung ke lapangan.

Namun, tulislah rencana dan potensi kariermu kedepannya, untuk yang jangka pendek ataupun panjang. Langkah-langkah seperti apa yang ingin diambil untuk dapat mencapainya.

Riset mengenai jenis pekerjaan yang kamu lakukan sebelumnya juga dapat digunakan untuk menuliskan hambatan yang mungkin terjadi. Sehingga, kamu bisa mengantisipasi dari jauh-jauh hari.

6. Kunjungi Job Fair Online Ataupun Offline

Job portal bisa membingungkanmu karena lingkupnya yang sangat luas dan mungkin kurangnya informasi atas pekerjaan tersebut.

Solusinya adalah kamu dapat mengunjungi job fair online atau offline yang diselenggarakan oleh kampus ataupun situs penyedia lowongan kerja.

Kamu dapat menemukan berbagai macam pekerjaan di bursa kerja ini, bahkan membuat koneksi dengan rekturer atau wakil perusahaannya.

7. Bangunlah Nerworking Sebanyak Mungkin

Kamu merasa networking tidak penting? Jangan salah, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dengan membangun koneksi dengan banyak orang.

Mereka dapat membantumu bertukar pikiran, bahkan membantumu menemukan karier yang tepat. Sekalipun, jenis pekerjaan tersebut tidak pernah kamu pertimbangkan sebelumnya.

Setiap orang yang kamu temui, pasti mempunyai background dan posisi yang berbeda. Selain itu, kamu dapat menemukan hal yang baru di setiap orang. Bahkan jatuh bangunnya mereka dalam berkarier.

Kesimpulan

Sebelum masuk dalam dunia kerja, penting untukmu menyiapkan diri dalam memilih karier yang tepat. Sehingga, ketika bekerja kamu tidak lagi merasa pekerjaan tersebut tidak cocok untukmu.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, dimulai dari mengenali diri sendiri, riset jenis profesi tersebut, hingga membangun networking dengan orang yang sudah bekerja serta membuka job portal untuk mencari pekerjaan. Kamu bisa gunakan Pancasila Career Portal http://univpancasila.app.kinobi.asia/univpancasila.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menghabiskan banyak waktu dalam memilih karier yang sesuai dengan minat dan keterampilanmu.

Dilihat 123 kali
Link