PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Sunday, 16 Jun 2024

4 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Negosiasi Gaji Saat Interview

Tips Karir dan Tutorial | 21 Maret 2023 00:00 wib Untuk kamu para Sobat Karier fresh graduate yang sedang melamar pekerjaan kesana kemari, apakah masih suka merasa sungkan ketika pada tahap interview kamu ditanya mengenai besarnya gaji yang kamu inginkan? Selain sungkan, kamu pasti juga bingung bagaimana cara negosiasi gaji yang tepat apalagi ketika kamu menginginkan pekerjaan tersebut. Ada beberapa hal yang bisa kamu ingat agar kamu dinilai lebih percaya diri dan tahu apa yang dirimu inginkan, supaya negosiasi gaji berjalan dengan lancar dan kamu bisa mendapatkan gaji yang sepadan. Apa saja ya hal tersebut? Yuk lihat sama-sama!



Hindari keempat hal ini ketika kamu sedang negosiasi gaji

1. Membahas masalah pribadi

    Jangan membahas tentang masalah pribadimu ketika sedang negosiasi gaji. Misalkan kamu menceritakan tentang masalah keluarga atau dirimu sendiri yang sedang banyak pengeluaran, sehingga berharap gajimu akan dinaikkan. Hal ini akan memberikan kesan yang tidak profesional.

2. Bertanya tentang keuntungan lain di luar gaji
    Bertanya mengenai hal ini juga tidak disarankan karena akan memberikan kamu kesan yang hanya mementingkan keuntungan saja. Kecuali, jika pihak perusahaan menjelaskan sendiri, maka kamu boleh bertanya lebih lanjut.

3. Memutuskan tanpa pikir panjang
    Sebaiknya jangan buru-buru menerima tawaran atau memutuskan jumlah gaji yang ingin diminta. Coba minta waktu untuk berpikir ketika interview. Gunakan waktu tersebut untuk meriset penghasilan standar di perusahaan-perusahaan lainnya. Jangan membuat perekrut menunggu terlalu lama, dan segera kabari ketika kamu sudah buat keputusan.

4. Tidak membicarakan tawaran lain

    Jika kamu mendapat tawaran kerja dari perusahaan lain, sebaiknya katakan hal itu pada perekrut agar mereka akan lebih berniat untuk memberi kamu gaji yang lebih besar atau sesuai dengan yang kamu harapkan. Tapi jangan sampai bersikap terlalu ‘jual mahal’ juga ya supaya kamu tidak kehilangan kesempatan yang kamu punya.

Dilihat 164 kali
Link