PPKLKM Universitas Pancasila

Pusat Pengembangan Kewirausahaan & Layanan Karir Mahasiswa UP
Sunday, 16 Jun 2024

Agar Tidak Menjadi Pelaku Bullying, Ini 5 Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak

Galeri Konseling | 19 Januari 2023 07:49 wib Perundungan atau bullying kerap menimbulkan efek buruk, baik bagi pelaku maupun survivor. Sejumlah studi membuktikan bahwa bullying, menciptakan mental effect yang buruk bagi keduanya. Maka, perlu peran dari lingkungan terkecil anak dan remaja untuk memberikan pendidikan agar tak menjadi pelaku bullying.





Peran orang tua dalam mendidik anak

Mengenalkan tentang perbedaan

Setiap individu memiliki perbedaan, mulai cara bersikap, daerah asal, suku, ras, kepercayaan, dan golongan. Perbedaan ini perlu disikapi dan diajarkan pada anak sebagai warna-warni dalam kehidupan sosial.

Pun kemampuan, minat, kondisi fisik, dan latar belakang keluarga juga menjadi ragam warna yang perlu diakui secara positif. Artinya perlu mengajarkan tidak memusuhi dan mengolok atau jangan menganggap lebih rendah orang yang memiliki perbedaan.

Memberikan ajaran tentang cara berkomunikasi

Komunikasi adalah medium sosial dan membuat kita terhubung dengan dunia luar. Maka anak perlu diajarkan tentang cara berkomunikasi yang tidak mengandung intensi mengecilkan dan memperlakukan orang lain dengan baik dengan bahasa yang santun.

Ajarkan tentang konteks perilaku benar dan salah

Dalam buku banyak sekali pengetahuan tekstual yang berkaitan dengan tindakan benar dan salah. Tetapi, dalam kehidupan sehari-hari anak-anak perlu panduan dari orang tuanya mengenai mana tindakan yang salah dan mana tindakan yang benar.

Misalnya, mengambil pensil yang bukan miliknya di sekolah adalah tindakan yang salah. Dalam konteks perilaku tersebut, perlu diketahui latar belakang dan alasan mengambil barang milik temannya. Serta diberikan pemahaman mengenai cara berperilaku yang benar.

Sering berdiskusi

Ketika anak mulai mengakses banyak informasi tentang dunia luar, orang tua perlu sering mengajak buah hatinya berdiskusi. Dengan bertukar pendapat dan mengidentifikasi peristiwa disekitarnya, anak akan lebih bisa menilai mana perilaku yang benar dan keliru.

Dukung untuk melawan tindakan bullying

Ketika mengalami perundungan, anak acap memendam sendiri dan tidak menceritakan pada orang terdekat. Maka, cobalah untuk membangun kedekatan emosional yang kuat sehingga anak mampu menceritakan apapun yang dialaminya, termasuk yang terlewat dari pengawasan orang tua.

Untuk melawan tindakan bullying, orang tua juga perlu mendukung anak untuk melawannya. Ini juga cara tepat untuk membangun kesadaran anak agar tidak mengabaikan perundungan disekitarnya.

Dilihat 175 kali
Link